Read more
Number (Cardinal & Ordinal)
Here we learn how to say numbers. We learn cardinal number and ordinal number. in learning cardinal number, we can learn from 0 to 100. This is the detail and how to pronounce them : 0 = zero (zirou), 1 = one (wan) 2 = two (tu) 3 = three (thrii), 4 = four (foo) 5 = five (faiv), 6 = six (siks), 7 = seven (sevn), 8 = eight (eit), 9 = nine (nain), 10 = ten (ten), 11 = eleven (ilevn), 12 = twelve (twelv),13 = thirteen (theetin), 14 = fourteen (footin), 15 = fifteen (fiftin), 16 = sixteen (sikstin), 17 = seventee (sevntin), 18 = eighteen (eitin), 19 = nineteen (naintin), 20 = twenty (twenti), | 21 = twenty one (twenti wan), 22 = twenty two (twenti tu), 23 = twenty three (twenti thrii), 24 = twenty four (twenti foo), 25 = twenty five (twenti faiv), 26 = twenty six (twenti siks), 27 = twenty seven (twenti sevn), 28 =Twenty eight (twenti eit), 29 = twenty nine (twenti nain), 30 = thirty (theeti). 40 = forty (footi), 50 = fifty (fifti), 60 = sixty (siksti), 70 = seventy (sevnti), 8 = eighty (eiti), 90 = ninety (nainti), 100 = one hundred (wan handrd).
In learning ordinal number, we can learn from FIRST to TWENTY FIRST. This is the detail and how to pronounce them :
1st = first (feest), 2nd = second (seknd), 3rd = third (theed), 4th = fourth (footh), 5th = fifth (fifth), 6th = sixth (siksth), 7th = seventh (sevnth), 8th = eight (eitth), 9th = ninth (nainth), 10th = tenth (tenth), 11th = eleventh (ilevnth), 12th = twelfth (twelfth), 13th = thirteenth (theestinth), 14th = fourteenth (footinth), 15th = fifteenth (fiftinth), 16th = sixteen, (sikstinth), 17th = seventeenth (sevntinth), 18th = eighteenth (eitinth), 19th = nineteenth (naintinth), 20th= twentie (twentieth), 21st = twenty first (twenti fest).
SITUATIONAL CONVERSATION
A : Please tell me how to calculate!
B : All right. I will give you the real examples. If you subtract five from ten, you get five.
A : OK. I understand.
B : Add ten to twenty to make thirty.
A : Yes. Next, please!
B : Nine divided by three is three.
A : OK. That easy to understand.
SITUATIONAL CONVERSATION
Bacalah materi yang tersedia, setelah itu putar audio pada tautan yang disediakan, dengarkan kemudian tirukan, lakukan berulang-ulang. Cari teman untuk memperagakan percakapan setelah itu lakukan improvisasi. Langkah terakhir adalah membuat sebuah video terkait kegiatan bermain peran sesuai dengan topik di atas. Selamat berlatih!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab!
No. | Pertanyaan | Jawaban | |
---|---|---|---|
01. | Saya mengetahui arti kata-kata pada pada teks di atas |
Ya | Tidak |
02. | Saya bisa mengucapkan kata-kata sesuai dengan audio/video yang disajikan |
Ya | Tidak |
03. | Saya bisa memperagakan percakapan dengan membaca teks yang tersedia |
Ya | Tidak |
04. | Saya bisa memperagakan percakapan dengan sedikit membaca teks |
Ya | Tidak |
05. | Saya bisa memperagakan tanpa membaca teks |
Ya | Tidak |
06. | Saya bisa memperagakan tanpa membaca teks disertai dengan variasi baru atau pengembangan teks |
Ya | Tidak |
07. | Saya bisa membuat karya video terkait dengan percakapan yang diperagakan |
Ya | Tidak |
08. | Saya bisa membuat video dan telah disosialisasikan pada sosial media yang saya miliki |
Ya | Tidak |
Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak".
Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
Buatlah jurnal harian untuk membantumu dalam mempercepat proses pembelajaran dengan menjawab soal evaluasi diri berikut ini.
- Apakah yang kamu telah pelajari pada bagian ini?
- Apa yang menarik pada sesi ini?
- Apa kendala yang kamu alami?
- Apa yang kamu lakukan untuk mengatasi kendala tersebut?
Informasi lainnya yang terkait dapat diakses pada tautan berikut ini